Bazar UMKM Cibinong untuk Pemulihan Ekonomi

0
30

Forum Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kecamatan Cibinong kembali menggelar bazar UMKM di Cibinong Mall. Bazar periode keempat pada 2-11 April ini menampilkan berbagai produk UMKM dari 16 kecamatan di Kabupaten Bogor.

Pada pembukaan bazar dihadiri Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor H. Agus Salim, Lc. Hadir juga unsur pemerintahan dari Kecamatan Cibinong yang diwakili Kasie Ekbang Juwarsih Haryani, S.E, M.M., dan Lurah Cibinong Sugiyanto S.Sos

Menurut Agus Salim, selain pemulihan kesehatan, yang tak kalah penting adalah pemulihan ekonomi. Adapaun ujung tombak pemulihan ekonomi, lanjut Agus, adalah para pelaku UMKM.

“Pemulihan kesehatan dan pemulihan ekonomi sama pentingnya. Dan ujung tombak pemulihan ekonomi adalah para pelaku UMKM,” Ujar Agus Salim mantan Ketua DPD PKS Kabupaten Bogor.

Agus berpesan, demi pengembangan dan kemajuan ekonomi para pelaku UMKM mesti memberdayakan dua hal yang tidak boleh tidak ada dalam diri pelaku UMKM

“Kedua hal itu adalah kemauan dan kemampuan. Namun yang paling penting adalah kemauan. Kemampuan yang banyak tapi tidak digunakan akan mubazir. Sebaliknya, meskipun kemampuan sedikit, namun punya kemauan yang kuat, maka jalannya akan terbuka. Allah akan menggerakkan. Maka, kuatkan kemauan, Insha Allah, kesuksesan di depan mata, ” Ujar Agus Salim yang juga mengelola pesantren penghafal al Quran di Desa Bojong Nangka Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor.
Senada dengan Agus Salim, Lurah Cibinong Sugiyanto mengingatkan agar UMKM tetap semangat dan jangan berputus asa.

“Meski pandemi masih melanda, UMKM jangan putus asa. Kita harus bangkit. Harus tetap semangat. Kita ikhtiar bersama untuk pemulihan ekonomi,” ujar Sugiyanto yang berjanji akan tetap mencari solusi agar UMKM tetap bisa menjalankan usahanya.

Adapun Kasie Ekbang Cibinong Juwarsih Haryani mengungkapkan bahwa, program bazar seperti yang digerakkan Forum UMKM Kecamatan Cibinong sejalan dengan program-program ekonomi di Kecamatan Cibinong.

“Ya program bazar ini sejalan dengan kegiatan pemerintahan Kecamatan Cibinong. Terbaru, kami mengadakan pelatihan dan pembinaan usaha untuk para pelaku UMKM dengan mengundang tutor dari nasional,” ujar Juwarsih yang mengungkapkan juga bahwa, jika ada inovasi-inovasi dari pelaku UMKM segera koordinasikan dengan pemerintahan kelurahan, pemerintahan kecamatan, atau Forum UMKM terdekat.

Sementara itu, Ketua Forum UMKM Cibinong, Sujiono, mengatakan, kegiatan bazar ini adalah sebentuk ikhtiar para pengurus UMKM agar para pelaku UMKM tidak terpuruk dengan keadaan.

Kemarin-kemarin UMKM tertidur pulas. Maka, atas inisiatif pengurus UMKM Cibinong kami adakan sejumlah program kegiatan yang bersentuhan langsung dengan kegiatan pelaku usaha. Salah satunya kegiatan bazar ini. Alhamdulillah, selama bazar berlangsung geliat UMKM di Kecamatan Cibinong khususnya, Kabupaten Bogor pada umumnya, kembali bergeliat. Alhamdulillah juga, dari bazar kesatu hingga ketiga omset yang didapatkan para pelaku UMKM terus meningkat,”ujar Sujiono aktivis senior UMKM yang sebelumnya aktif di kepengurusan olah raga sepak bola.

Sujiono berharap, ke depan UMKM tetap bisa mengadakan bazar serta tetap bisa bekerja sama dengan semuan unsur pendukung terutama unsur pemerintah, pengusaha besar, media, dan semua pihak yang mendukung pemulihan dan kemajuan ekonomi bangsa.( Red)