Diduga Penyelewengan Dana Desa (DD)Tahun 2021 Di Desa Cihanjawar Kecamatan Nagrak

0
11

PH45.COM , Sukabumi – ,Meski Dana Desa(DD) yang dikucurkan oleh pemerintah, diawasi oleh berbagai elemen penegak hukum. namun dana desa ini terkadang masih diduga terjadi adanya penyimpangan.

Terjadi pada proyek pembangunan kolam ikan yang berada di tanah sawah desa,kampung panyusuhan RT 22 RW 05 Desa Cihanjawar Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi.Selasa 23/11/2021

Desa Cihanjawar Kecamatan Nagrak yang diduga penyelewengan dana yang di bangun tahun 2021 menggunakan (DD) Desa tidak selesai, sehingga mengakibatkan kerugian negara puluhan juta rupiah. Hal ini berdasarkan pantauan wartawan MPGI di lapangan.

Ketika awak media mencoba konfirmasi ke desa Cihanjawar dan bertemu sekdes Lili Paola.ketika di tanyakan kepala desa,sekdes cihanjawar menyampaikan bahwa pak kades sedang ada giat keluar kota Bandung.

Saat awak media mempertanyakan soal pembangunan proyek kolam ikan, sekdes Lili Paola menjelasakan
“Dana tersebut bersumber dari Dana Desa (DD) tahap 3 tahun 2021 sebesar Rp 50.000.000., dan ada tambahan lagi sebesar Rp 30.000.000, jadi totalnya sebesar Rp 80.000.000, itu yang saya tau dan pengerjaanya kurang lebih sebulan kebelakang”.Jelasnya

Ketika awak media Menanyakan soal RAB pembangunan proyek sekdes Lili Paola tidak bisa menjelaskan. dengan alasan bukan hak dan kewajibannya untuk menyampaikan dengan detail. dengan mengarahkannya ke pak kades Cihanjawar Dodi Rahmat .

saat awak media konfirmasi lewat telpon seluler ke kades.menanyakan pembangunan kolam ikan, kades Dodi Hidayat Menjawab “Silahkan konfirmasi langsung ke sekdes ada di kantor desa,karena saya lagi ada agenda kerja di Bandung”.Ucapnya kepala desa lewat telpon.

Di waktu terpisah, ketua Badan Pengawas Desa(BPD) Cihanjawar Ustadz Zaenal di telepon melalui Hp, terimakasih sudah menghubungi dan mohon maaf tidak bisa menjelaskan karena saya lagi rapat.coba bapak tanyakan langsung ke pak kades.pak kades tadi pagi ada di kantor desa.Ujarnya ketua BPD Cihanjawar

Dari hasil pantauan di lapangan awak media menggali info soal proyek tersebut ke warga sekitar. sebagian warga yang berada di proyek tersebut pun tidak mengetahui sumber anggaran nya dari mana dan peruntukannya buat apa?.

‚ÄúSampai sekarang proyek itu belum selesai 100 %.ketika ada beberapa awak media berdatangan ke lokasi proyek secara tiba-tiba kolam itu sudah di tanam ikan hanya sebagian saja padahal itu kolam belum selesai”.Ungkap warga

Sampe berita ini diterbitkan, pihak desa Cihanjawar belum bisa memberikan informasi yang akurat terkait proyek pembangunan kolam ikan tersebut.

Wartawan: Hilman/ thoge
Publikasi: redaksi