Guru SDN Bojong 01 Datangi Rumah Murid untuk Mengajar Saat Corona

0
548

Tenjo, PH45.COM – Pemerintah memutuskan menerapkan program belajar dari rumah selama masa pandemi virus Corona (COVID-19). Namun kegiatan belajar dari rumah itu menimbulkan keresahan bagi sejumlah guru di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, lantaran murid-muridnya kekurangan fasilitas penunjang.

Para guru dari SDN 01 Bojong Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor harus rela mendatangi rumah setiap murid untuk tetap bisa belajar agar tidak ketinggalan pelajaran. Kegiatan belajar dari rumah bagi murid-murid SDN 01 Bojong melalui handphone atau televisi tidak berjalan maksimal karena banyak murid di daerah itu tidak memiliki fasilitas tersebut atau kekurangan biaya untuk membeli kuota dikarenakan banyak siswa yang belum mendapatkan kuota dari pemerintah.

“Sebagaimana diketahui bersama, siswa kami tidak semuanya memiliki fasilitas seperti handphone, bahkan masih ada yang belum memiliki televisi, sehingga kami berinisiatif mendatangi siswa satu persatu, dari rumah ke rumah ” kata Bu Sari Ulan salah satu Wali Kelas 3 SDN 01 Bojong, kepada wartawan, Senin (09/11/2020).

Menurutnya, agar program kunjungan belajar di rumah bisa menjangkau semua murid, para guru menyebar pada daerah berbeda.

“Jadi kami para guru membagi wilayah agar para murid semuanya bisa terjangkau diberi materi pelajaran,” ucapnya.

Keputusan guru melakukan kunjungan dari rumah ke rumah untuk memberi materi pelajaran disambut bahagia para murid dan orang tua murid. Mereka senang lantaran bisa kembali mengikuti proses belajar meskipun tidak seperti saat mengikuti proses belajar di sekolah.

“Kami berterima kasih kepada kepala sekolah dan guru SDN 01 Bojong lainnya, yang telah mendatangi kami untuk memberikan materi pelajaran, sehingga kami bisa paham dengan baik,” ungkap salah satu orang tua murid ,Susi

Dalam kunjungan ke rumah murid, para guru tidak hanya memberikan materi pelajaran, tetapi juga memberikan edukasi kepada warga tentang tata cara mencegah penularan wabah virus Corona. Baik guru maupun murid di daerah ini sangat berharap pandemi virus Corona segera berlalu, agar aktifitas proses belajar-mengajar di sekolah dapat kembali berjalan normal.

Proses belajar mengajar yang diterapkan melalui tatap muka ini tak lepas dari protokol kesehatan.Para guru dan murid menerapkan 3M (Mencuci tangan,Memakai Masker dan menjaga jarak).Hal inipun juga sudah mendapat restu dari Kepala Sekolah SDN 01 Bojong.

“Salam sehat,tetap terapkan protokol kesehatan dengan 3M dan Terima Kasih Ibu Guruku” tutup Alfia Fionita (Empi) salah satu Orang tua murid.
(Febby)