Kuota Lebih, Calon Kades Babakan Diseleksi

0
457

Tenjo, Bogor, PH45.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor Jawa Barat memastikan tetap menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di penghujung tahun 2020.

“Kita sudah dapat izin dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk menggelar Pilkades pada 20 Desember. Mudah-mudahan tidak ada perubahan” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bogor, Ade Jaya Munadi saat dihubungi awak media PH45 melalui sambungan telepon.

Pilkades serentak 2020 di Kabupaten Bogor itu akan diikuti 88 desa di 34 kecamatan. Mereka yang terpilih dalam pilkades, akan mengisi kursi 66 kepala desa yang habis masa jabatannya pada tahun ini, dan 22 kepala desa yang jabatannya berakhir pada Januari 2021.

Adapun tahapan pelaksanaan pemilihan kepala desa seretak khususnya di Kecamatan Tenjo diikuti oleh dua desa yaitu desa Babakan dan desa Ciomas dan telah memasuki tahap penetapan calon Kepala Desa yang akan ikut dalam pemilihan pada tanggal 20 Desember 2020. Khusus untuk Desa Babakan terpaksa dilakukan seleksi untuk bakal calon yang akan ikut dalam pilkades karena jumlah calon yang mendaftar lebih dari 5 orang.

Dalam sambutanya Camat Tenjo, Kurnia Indra mengatakan, maksimal peserta dalam pilkades yakni 5 orang, jika melebih maka terpaksa dilakukan seleksi dan kegiatan seleksi ini dilaksanakan hari ini di Aula Kantor Kecamatan Tenjo.

Ada 1 desa di Kecamatan Tenjo Kabupaten Bogor yang calonya lebih dari 5, yakni Desa Babakan.

“Untuk seluruh calon ini akan menjalani ujian penjaringan melalui tes tertulis dan penilaian perlengkapan dokumen untuk meneilih 5 calon,” kata Kurnia Indra Kamis (5/11/2020)

Ditambahkan , untuk Desa lainnya, yang juga akan melaksanakan pemilihan kepala desa, pesertanya sudah sesuai dengan aturan yakni minimal 2 calon dan maksimal 5 calon dan desa Ciimas sudah ada 5 calon Kades.

” Untuk pilkades kali ini, tidak ada calon tunggal sehingga tahapan penambahan waktu untuk pendaftaran tidak perlu diperpanjang.Yang pasti seluruh desa calonya sesui dengan ketentuan yakni minimal dua, Untuk Desa Ciomas sudah maksimal ,yaitu 5 calon dan Desa Babakan ada 7 Bakal Calon Kepala Desa ,sehingga perlu dilakukan seleksi untuk penjaringan hingga tersisa 5 calon sesuai aturan yang berlaku” ungkap Sekcam Maman Sumantri selaku Ketua Panitia Seleksi.

Proses Pelaksanaan seleksi mendapat pengawalan ketat dari Koramil 2119/Parung Panjang dan Polsek Parung Panjang beserta Pol PP dan Panitia Pilkades Babakan.

“Untuk pengamanan pelaksanaan pilkades 2 Desa Kecamatan Tenjo ini kita sudah berkoordinasi dengan polsek maupun Koramil 2119 /Parung Panjang, Mudah-mudahan pada saat pemilihan maupun pasca pemilihan, kondisi keamanan di masing masing desa tetap terjaga,” pungkasnya

Inilah hasil 5 Bakal Calon yang Lulus seleksi menjadi Calon Kades Babakan dan akan mengikuti Proses selanjutnya :

1. Lasimin S.pd : 710
2. Eka Subarna S.pd : 570
3. Suwardi : 550
4. Nurhaman : 460
5. Jaya Sampurna : 410

(Mas Parto/Lakmin)