Pejuang HukumPejuang HukumPejuang Hukum

Musdes Singabangsa: Perubahan RKPDes dan Ketahanan Pangan

PH45, Singabangsa,Tenjo, Bogor – Pemerintah Desa Singabangsa, Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor, menggelar Musyawarah Desa dalam rangka penetapan prioritas penggunaan Dana Desa dan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa Khusus dalam rangka membahas dan menyepakati perubahan RKPDesa Tahun Anggaran 2022 dan Perencanaan Kegiatan Desa tahun 2023, bertempat di Aula Pertemuan Desa Singabangsa, Kamis (04/7/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut,Muspika Kecamatan Tenjo , H.Sholeh, Kepala Desa beserta jajaran Perangkat Desa Singabangsa, BPD, Ketua RT/RW dan tokoh masyarakat. Selain itu, turut hadir Ketua TP PKK beserta pengurus, Pendamping Desa,PLD, Babinsa,Bhabinkamtibmas, Ketua Kelompok Tani dan tamu undangan lainya.

Dalam sambutan dan arahannya, Kepala Desa Singabangsa, Sopyan Aji Sabella ,menyampaikan hal yang mendasari dilakukan perubahan prioritas penggunaan Dana Desa dan perubahan atas RKPDesa dan APBDesa tahun 2022.

“Musdes ini dilaksanakan karena ada perubahan prioritas penggunaan Dana Desa dan perubahan RKPDesa seiring kebijakan Dana Desa Tahun Anggaran 2022″ .

Berdasarkan Perpres Nomor 104 Tahun 2021, pasal 5 ayat (4) yang mengamanatkan Dana Desa untuk :

Program perlindungan sosial berupa Bantuan Langsung Tunai di Desa sebesar paling sedikit 40% Program Ketahanan Pangan dan hewan paling sedikit 20%, Dukungan kegiatan penanganan Covid-19 paling sedikit 8% dan
Sisanya Program pada sektor prioritas lainnya.
Sehingga dengan adanya perpres tersebut, RKP Desa yang telah disusun Pemerintah Desa Singabangsa mengalami banyak perubahan.

Sementara itu, Kasi Pendidikan dan Kesehatan Kecamatan Tenjo,H.Soleh menyampaikan apresiasinya kepada Pemdes Singabangsa yang telah memfasilitasi Musdes untuk membahas dan menyepakati perubahan prioritas penggunaan Dana Desa sebagai wujud Transparansi anggaran dan juga atas kinerja selama ini. Menurutnya, Kepala Desa beserta jajaran perangkat desa Singabangsa telah menjalankan amanah masyarakat dengan baik.

Dikatakan oleh Kasi Pendidikan dan Kesehatan Kecamatan Tenjo,H.Soleh , bahwasanya dalam Musyawarah Desa Singabangsa kali ini adalah dalam rangka penetapan prioritas penggunaan Dana Desa dan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa Tahun Anggaran 2022.

“Dengan adanya Musyawarah Desa diharapkan dapat mensejahterakan masyarakat Desa, terutama dalam pembangunan dan ketahanan pangan” Ungkap H.Soleh.

Wartawan: L.Boangmanlu
Publikasi: Mas Parto